Minggu, 11 November 2007

Distro besar impian semua clothing company


Bagi anda pemula dalam bisnis clothing, pastinya anda ingin sekali dapat bekerja sama dengan distro-distro yang besar dan memiliki pasar yang besar. Mungkin memang hal tesebut memang terasa sulit sekali, karena memang benar kalau distro-distro besar ini bersifat selektif dan cenderung rumit pada mulanya. Misalnya dari kualitas bahan, kualitas jahitan, kualitas sablon, dan harga produk adalah aspek perhatian pertama yang diperhatikan dalam segi produk. Sedangkan dari segi kontrak distro besar juga mensyaratkan hal-hal seperti jumlah minimal yang harus dititipkan tiap bulannya, jumlah maksimal distro yang boleh diajak bekejasama, minimal pendapatan perbulan, daaaan sebagainya… huufff….

Bagi kamu-kamu yang menyusung sebuah brand baru dalam industri ini memang harus bekerja ekstra keras. Pertama yang harus anda lakukan adalah mulailah meng-akrabkan diri dengan distro-distro kecil yang jumlahnya jauh lebih banyak dari distro besar. Distro kecil bisanya sangat welcome dengan pendatang baru, bahkan pemiliknya pun sering berinteraksi langsung dalam proses kegiatan distro, manfaatkan momen tersebut untuk mencari informasi mengenai brand-brand lain yang sudah terlebih dahulu exist, mulai dari berapa rata2 pendapatan mereka perbulannya?, berapa kapasitas ideal tiap macam baju untuk diletakkan di sebuah distro?, bahan dasar apa yang sekarang sedang digemari?, apa warna favorit pembeli?, tempat produksi yang murah?, dan lain sebagainya. Mereka adalah sumber informasi berharga…..

Langkah berikutnya, disarankan untuk membuat publikasi di distro-distro kecil yang sudah anda kenal dan telah bekerjasama dengan anda tadi. Misalnya dengan menitipkan banner, pamphlet, poster, atau bahkan hanya sticker yang mencantumkan brand anda sekalipun adalah sangat berperan dalam proses pengenalan brand anda ke konsumer.

Langkah ketiga mulailah fokus kepada distro-distro yang menguntungkan, dan mulai untuk perlahan satu persatu meng-eliminasi tempat pendistribusian yang penjualannya rendah dari waktu kewaktu. Perkecil arena pendistribusian produk kamu, tetapi jangan sekali-kali meninggalkan citra buruk di distro yang sudah kamu tinggalkan, setidaknya mereka kan udah bantu kamu, dan hati-hati karena biasanya antara distro satu dengan lainnya masih saling berteman dan bertukar informasi juga.

Setelah beberapa waktu berjalan, bisnis pun terasa mulai menghasilkan, maka bila ada tawaran dari distro untuk promosi sebagai sponsor pada event-event tertentu maka jangan ragu untuk meng-iya kannya (ya… selama kamu hitung-hitung biayanya masih terjangkau oleh pendapatan kamu selama ini). Event yang berhubungan dengan acara musik dan sekolahan sangat dianjurkan.

Setelah brand anda terbukti telah exist dan dikena, seharusnya kini kualitas produk anda sudah jauh meningkat dan telah stabil. Maka beranikanlah diri anda untuk melakukan negosiasi kerjasama dengan distro besar. Sama layaknya dengan melamar pekerjaan pengalaman adalah hal penting, begitu juga dengan distro. Dengan berbekal pengalaman jumlah distro yang pernah bekerjasama dengan anda, jumlah kapasitas produksi yang kontiniu, kualitas produksi yang tinggi, dan disain yang selalu seirama dengan pasar, adalah satu CV berharga yang dapat dipertimbangkan oleh distro besar impian semua brand tersebut.

Selamat berjuang…….

Support our local clothing company….

Tidak ada komentar: